Monday, October 28, 2013

Mp3Gain: Menyamakan Volume File Mp3


Hampir semua orang memiliki koleksi mp3 favoritnya masing-masing dan rela memberikan puluhan sampai ratusan giga harddisknya untuk menyimpan koleksi file mp3. Dalam playlist anda, sering kali ada file mp3 yang volumenya berbeda, sehingga anda sibuk mengecilkan/membesarkan volume saat lagu berganti, hal ini mengurangi keasyikan mendengarkan lagu. Untuk mengatasi masalah inilah sebuah tool bernama Mp3Gain hadir.
Cara kerja Mp3Gain sederhana, anda cukup menambahkan file-file mp3 yang ingin disinkronkan volumenya ke dalam Mp3Gain, lalu tentukan default volume (nilai defaultnya 89 dB), anda bebas mengubah nilai default ini. Lalu klik tombol "Track Gain" maka seluruh mp3 yang anda masukkan sudah menjadi sama volume-nya, beberapa file mp3 mungkin tidak sama persis, tetapi untuk telinga manusia nyaris tidak ada perbedaan volume. Keistimewaan tool ini adalah tidak akan mengubah kualitas suara, jadi tidak perlu kuatir file mp3 anda menjadi berkurang kualitasnya setelah diproses oleh Mp3Gain.

Keistimewaan lainnya adalah tool ini gratis, bisa didownload di http://mp3gain.sourceforge.net/download.php

1 comment:

  1. Trik Cara Nyaman Mendengarkan Lagu Atau Musik MP3 : https://sharinghobyelektronika.blogspot.com/2021/12/trik-cara-nyaman-mendengarkan-lagu-atau.html

    ReplyDelete