Saturday, October 26, 2013

Memahami SEO


Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan SEO? Istilah SEO memang terus nge-trend beberapa tahun belakangan ini. Kalau singkatannya mungkin sudah banyak yang tahu, SEO adalah Search Engine Optimization, tapi bagaimana penjelasannya dengan bahasa yang sederhana?


Mudahnya seperti ini, bayangkan anda memiliki sebuah usaha, katakanlah toko klontong yang terletak di sebuah jalan, tentunya anda mengharapkan pembeli datang ke toko anda. Lalu saat beberapa pembeli datang, anda menanyakan:

"tahu darimana toko saya bro/sis/mbak/mas/pak/bu?"

Jawabnya mungkin:

  • "Oh.. taunya dari iklan tipi", nah kalau ini terjadi, berarti anda telah melakukan commercial break television optimization (jangan nanya istilah dari mana ini, suka-suka aja, sama seperti istilah SEO).
  • "Saya taunya dari tetangga", ini artinya neighbor optimization berjalan sukses!
  • "Lah.. ada tuh di peta Jakarta!". Dahsyat! bahkan anda sudah menerapkan map optimization.

Nah, artinya, berkat peran iklan televisi, omongan tetangga, peta, maka datanglah pembeli. Televisi, tetangga, atau apapun merupakan PENGHUBUNG antara pembeli dan anda. Lalu apakah SEO? Melalui pemaparan tadi dan singkatan SEO (sekali lagi, Search Engine Optimization), berarti anda dapat menyimpulkan bahwa yang menjadi penghubung adalah sebuah search engine. SEO merupakan teknik bagaimana agar website kita mudah dikunjungi oleh pengguna lain dengan perantara search engine.

Mengapa Search Engine

Kenapa harus mengandalkan search engine? Wah.. jangan meremehkan search engine, search engine nomor satu saat ini (google.com) memroses ratusan juta pencarian yang dilakukan pengguna seluruh dunia, setiap harinya, dan saat ini juga, hanya Google yang dapat melebihi kepopuleran facebook.com.

Apa Kendalanya?

Untuk memanfaatkan SEO, anda perlu memiliki website (mungkin berupa company profile atau toko online) alias ikut ber-internet ria, anda juga perlu memiliki ketrampilan seputar teknologi Internet. Nah, ini adalah kendala yang utama bagi banyak orang yang punya usaha/produk bagus, tetapi tidak mengetahui medannya dan seluk-beluk Internet. Berbagai teknik SEO inilah yang berguna untuk mengetahui medan dan trik-trik untuk survive di dalamnya.

No comments:

Post a Comment