Saturday, October 26, 2013

Agama Para Ilmuwan


Menjadi tokoh terkenal memang selalu menarik perhatian, salah satunya adalah melihat kepercayaan/agama yang dianut tokoh tersebut. Artikel ini akan menyorot keyakinan dari tokoh dari kalangan akademis, dikategorikan berdasarkan keyakinannya.

Ilmuwan Kristen

Salah satu nama yang sangat berpengaruh pada dunia sains adalah Isaac Newton (1642 - 1727), sang pencetus tiga hukum gerak dan hukum gravitasi. Karyanya tidak hanya di bidang fisika, tetapi juga di bidang mekanika dan matematika. Newton berpendapat bahwa keberadaan Tuhan tidak dapat disangkal dalam menghadapi kemegahan semua ciptaan, Newton juga meluangkan banyak waktu untuk mencoba menemukan pesan-pesan rahasia pada Bible.


Nama besar lainnya adalah Michael Faraday (1971 - 1867) dengan kontribusinya yang sangat besar pada bidang elektromagnetisme dan elektrokimia, Michael Faraday merupakan Kristen taat.

Tokoh ilmuwan Kristen yang masih hidup di antaranya adalah John Lennox dengan berbagai gelar kesarjanaan dan penghargaan di bidang matematika, ia mempertahankan keimanan kristiani dengan berdebat dengan ilmuwan ateis seperti Richard Dawkins.

Ilmuwan Islam

Dari kalangan Islam, Abdus Salam dari Pakistan menjadi tokoh muslim pertama yang menerima penghargaan Nobel, Abdus Salam juga mendapatkan berbagai penghargaan lainnya. Dari Pakistan juga terdapat tokoh ilmuwan lainnya seperti Dr. A.Q. Khan (Abdul Qadeer Khan) yang merupakan ilmuwan di bidang metalurgi dan nuklir. Muslim peraih Nobel lainnya adalah Ahmed Zewail dari Mesir di bidang kimia.

Ilmuwan Hindu

Satyendra Nath Bose merupakan ilmuwan matematika-fisika yang terkenal dengan karyanya pada bidang mekanika kuantum yang menjadi dasar bagi teori statistik Bose-Einstein (diambil dari nama belakangnya dan Albert Einstein). Nama lainnya adalah Madhava (c. 1340 - c. 1425) yang sering disebut sebagai matematikawan astronomer terbesar India di abad pertengahan. Di bidang IT juga cukup banyak terdapat ilmuwan Hindu antara lain Sabeer Bhatia  yang mendirikan Hotmail, juga Vinod Khosla yang merupakan salah satu pendiri Sun Microsystems.

Ilmuwan Buddhist

Beberapa nama dari kalangan Buddhist adalah Ellison Onizuka yang merupakan astronot NASA keturunan Asia Amerika pertama yang terbang ke ruang angkasa, lalu di bidang IT beberapa ilmuwan Buddhist yang populer antara lain adalah Joseph Goguen seorang professor dalam bidang computer science, Steve Jobs pendiri Apple Inc.

Ilmuwan Ateis/Agnostik

Beberapa nama ilmuwan yang mengaku ateis ataupun agnostik adalah Niels Bohr, Albert Einstein, ataupun Stephen Hawking. Di bidang IT antara lain adalah Bill Gates dan Mark Zuckerberg, dua tokoh yang drop out dari universitas tetapi tidak ada yang meragukan kejeniusan mereka dalam bidang teknologi.

1 comment:

  1. ** BANJIR BANJIR BANJIR UANG DI MEJA **
    VIPbandarQ - YOUR No #1 BandarQ Online Indonesia
    ----------------------------------------------
    Menyediakan 7 Jenis Permainan TerFAVORIT
    BANDAR Q | ADU Q | DOMINO QQ | POKER | CAPSA SUSUN | Bandar Poker | Sakong (New Game) ----------------------------------------------
    Di Dukung 5 Bank Ternama di INDONESIA
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
    ----------------------------------------------
    Bonus Terbesar di VIPbandarQ
    1. Bonus Refferal TANPA SYARAT
    2. Bonus Rolligan TIAP MINGGU
    ----------------------------------------------
    Selalu Ada Kejutan Untuk Member VIPBANDARQ
    ----------------------------------------------
    Gabung Sekarang Juga dan Raih Kemenangan Puluhan Juta Setiap Hari
    CS ONLINE 24/7
    BBM : 55AB0E6C
    INSTAGRAM : VIPBANDARQORG
    SKYPE : VIPBANDARQ
    FACEBOOK : VIPBANDARQ
    www. VIPBANDARQ. org

    ReplyDelete