Saturday, November 9, 2013

BBM-an Lewat Windows PC - Tanpa Smartphone!


Keputusan perusahaan BlackBerry Limited (atau dulu bernama Research In Motion Limited atau RIM) untuk "melepaskan" Messenger andalannya yaitu BlackBerry Messenger (BBM) agar dapat digunakan pada sistem operasi Android dan iOS secara gratis, ternyata berakibat nama BBM kembali naik daun. Hanya pada hari pertama, aplikasi BBM untuk kedua sistem operasi tersebut telah didownload lebih dari 10 juta kali, dan saat ini merupakan aplikasi terlaris nomor 1 pada Apple App Store maupun Google Play Store.


Hal ini bukan hanya kabar baik untuk pengguna komputer/ tablet/ smartphone berbasis Android ataupun iOS, tetapi juga untuk pengguna komputer yang menggunakan Windows. Lho, kok bisa? Karena tanpa perlu membeli smartphone Android/ iOS (kalau anda belum punya), hanya dengan berbekal PC atau laptop dengan sistem operasi Windows, anda juga bisa ber-BBM-an tidak kalah gaul dengan yang lainnya.

BlueStacks

Dewa penolong atau lebih tepatnya aplikasi penolong yang memungkinkan hal tersebut adalah BlueStacks, sebuah aplikasi GRATIS yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi Android pada sistem operasi Windows dan Macintosh. Tentu saja BlueStacks bukanlah satu-satunya aplikasi yang dapat melakukan hal ini, anda juga dapat menggunakan emulator seperti yang terdapat pada ADT (Android Developer Tools) ataupun aplikasi sejenis seperti Windroy, namun karena BlueStacks sudah dicoba sendiri oleh yang punya blog ini dan berjalan dengan baik dan cukup lancar tanpa kesulitan berarti, maka BlueStacks lah yang akan dibahas dengan harapan juga dapat berjalan pada komputer pembaca blog ini yang ingin mencobanya.

Langkah-langkah Instalasi BlueStacks dan BBM pada Windows PC adalah sebagai berikut:
  • Setelah instalasi berhasil, jalankan icon BlueStacks pada desktop sehingga tampil layar utama Android seperti pada tampilan di bawah ini. Jika terdapat icon BBM pada bagian NEWS AND SOCIAL anda tinggal menginstallnya, tetapi jika tidak ada, klik pada tombol MORE. Berbeda dengan Windows yang harus mengklik dua kali (double click), pada lingkungan Android anda cukup klik satu kali (single click) untuk mengeksekusi.

  • Akan tampil icon lainnya dan salah satunya adalah BBM. Klik pada icon BBM untuk menginstalnya.
  • Selanjutnya BBM akan terinstal pada komputer anda, dan anda akan mendapatkan PIN BBM secara otomatis. Setiap kali menjalankan BlueStacks, BBM akan otomatis aktif sehingga anda tidak perlu mengklik icon BBM lagi. Anda dapat mulai meng-invite teman-teman anda yang juga menggunakan BBM. Selamat chatting :) 


5 comments:

  1. yg free cm twitter doang om,, yg laen minta connect android juga :(

    ReplyDelete
  2. gmn mengakali, openGL2 nya gmn Boz.. soalnya VGA card q gk mendukung? hingga pas instal BBM gk bisa di urai.. mohon pencerahan n tnks

    ReplyDelete
  3. mas kenapa pas instal bbm selalu tidak bisa megurai Paket dan gemana cara biar bisa make bbmnya..?

    ReplyDelete