Wednesday, September 25, 2013

Utility Windows Gratis yang Bermanfaat

Manusia terbentuk oleh kebiasaan. Seseorang yang produktif vs seseorang yang tidak produktif mungkin tidak terlalu terlihat perbedaannya jika hanya mengacu pada apa yang dikerjakan dalam 1 hari, tetapi jika kebiasaan itu terus berlanjut dalam 1 minggu, 1 bulan, 1 tahun, 10 tahun, maka hasil pekerjaan seseorang yang produktif vs tidak produktif akan seperti langit dan bumi. Karena itu penting untuk bekerja dengan produktif, dan jika pekerjaan anda melibatkan pekerjaan menggunakan komputer, maka terbiasa bekerja dengan tools/utility tertentu akan sangat membantu produktivitas anda.

Beberapa utility gratis berikut mungkin dapat dipertimbangkan untuk digunakan dalam rangka meningkatkan produktivitas:
1. Launchy
Download: http://www.launchy.net/
Berapa kali dalam sehari anda mengakses Start Menu, icon yang bertebaran di Desktop, atau mengakses Windows Explorer untuk mengeksekusi suatu aplikasi atau mengakses folder tertentu? Untuk sebagian orang – misalnya programmer – yang sering mengakses berbagai aplikasi, kegiatan ini kalau di total waktunya akan cukup membuang waktu. Launchy adalah solusinya, pada prinsipnya Launchy akan menscan dan menyimpan folder-folder yang sering diakses, lalu saat kita membutuhkan katakanlah aplikasi abc.exe, kita cukup mengaktifkan Launchy (dengan shortcut Alt + space) lalu  mengetikkan abc.exe yang akan dieksekusi dari Launchy, bahkan bisa jadi anda belum selesai mengetikkan abc.exe, Launchy sudah menampilkan pilihan (autocomplete) program yang anda maksud. Dengan demikian, anda tidak perlu mengingat-ingat program abc.exe anda letakkan di folder mana.
Tidak hanya memanggil program, Launchy juga dapat digunakan untuk mencari file lain seperti file dokumen, mp3, video, dan seterusnya.
Namun Launchy juga ada beberapa kelemahan, antara lain:
  • Tidak cocok digunakan sebagai program pencari file yang banyak, misalnya anda memiliki folder mp3 hingga puluhan Gigabyte, maka Launchy memerlukan waktu cukup lama untuk mencari mp3 (atau file lain) yang anda ketikkan.
  • Jika anda memasukkan terlalu banyak folder pada catalog folder yang harus di-scan Launchy, maka konsekuensinya memory komputer akan banyak terpakai. Ingat bahwa Launchy berjalan di background, jadi sebenarnya selalu aktif dan membutuhkan space memory.


2. Clover
Download: http://download.cnet.com/Clover/3000-2248_4-75732861.html
Windows Explorer sebagai sebuah File Manager adalah salah satu aplikasi Windows yang paling sering dijalankan oleh pengguna Windows pada umumnya. Sering anda harus membuka lebih dari 1 Windows Explorer dalam pekerjaan sehari-hari, dan sebenarnya hal ini sangat menurunkan produktivitas. Ini persis di zaman dulu sewaktu browser Internet Explorer tidak memiliki tab, sehingga untuk membuka 10 website harus membuka 10 aplikasi Internet Explorer.
Jadi bayangkan jika Windows Explorer anda juga memiliki tab, bahkan bookmark untuk menandai folder-folder favorit, produktivitas dan semangat kerja akan meningkat. Sebenarnya terdapat cukup banyak aplikasi gratis untuk keperluan ini, tetapi sejauh ini yang terbaik (yang pernah saya coba) adalah Clover, penggunaannya sederhana tetapi user friendly karena benar-benar mengadaptasi cara kerja browser. Misalnya shortcut untuk menambahkan tab baru adalah Ctrl + T. Sejauh ini tidak ada kekurangan berarti dalam menggunakan Clover.

3. Mozilla Thunderbird
Download: http://www.mozilla.org/en-US/thunderbird/
Yang satu ini sudah sangat terkenal, umumnya digunakan sebagai email client seperti halnya Outlook. Dengan Mozilla Thunderbird, anda dapat mengambil email dari banyak account yang mendukung POP3/IMAP. Tidak perlu browser untuk membuka dan membaca email. Ada satu lagi kegunaan Thunderbird, yaitu sebagai Feeds Reader. Barangkali anda pernah menggunakan Google Reader, yang baru-baru ini mengalami nasib naas karena layanannya dihentikan oleh Google. Nah, Thunderbird bekerja seperti Google Reader dan cocok sebagai pengganti Google Reader walaupun tidak diakses lewat browser.  Untuk melakukan subscribe feed, cukup buat account baru dan pilih Blog & News Feeds pada Thunderbird, selanjutnya masukkan URL feed yang anda inginkan. Kemudian anda dapat menambahkan URL feed lainnya sebanyak yang anda inginkan.

4. KeePassDownload: http://keepass.info/download.html

Dalam setiap aktivitas anda, baik dalam berselancar, email, melakukan transaksi e-banking, dan seterusnya tentu melibatkan username dan password. Tidak mudah mengingat semuanya, apalagi disarankan untuk tidak menggunakan password yang sama di setiap akun karena jika satu akun anda ketahuan oleh pihak lain, maka akun yang lain juga akan terancam.

Untuk itu program KeePass yang terdapat di http://keepass.info/ dapat anda gunakan untuk menyimpan username/password yang digunakan. Anda cukup mengingat satu password sebagai master key untuk membuka program, lalu anda dapat memasukkan username/password ke dalam program KeePass sesuai dengan kategori yang anda inginkan (Internet, Email, dan lain-lain).


No comments:

Post a Comment