Thursday, September 19, 2013

Review Film - The Island (2005) - Saat Manusia Menyaingi Tuhan


Melihat film dengan genre science fiction apalagi dengan setting masa depan yang dibuat 8 tahun yang lalu sebenarnya menyimpan sedikit ketakutan. Yaitu apakah teknologi yang digunakan saat itu cukup membuat decak kagum sementara semakin hari teknologi visual efek yang ditawarkan film-film yang mengusung tema teknologi semakin menggila (contoh: Pacific Rim, Oblivion, dan seterusnya).

Namun dengan melihat Michael Bay yang duduk sebagai sutradara dan produser, kekuatiran ini sedikit pupus. Bagaimana tidak, Michael Bay sudah pernah membuat film Terminator yang juga bergenre science fiction mulai dari tahun 1980-an dan belum juga terlihat memalukan saat ditonton ulang.


Sebagai aktornya adalah Ewan McGregor yang terkenal dengan film drama Trainspotting (1996) dan Star Wars (1999 - 2005), sementara tokoh sentral lainnya adalah Scarlett Johansson, si Black Widow dalam film Avengers dan Iron Man 2.

Menjadi Tuhan

Ceritanya sendiri berjalan lambat pada awalnya, bercerita di tahun 2019, memperlihatkan sebuah komunitas yang terisolasi namun ditempati banyak orang yang selamat dari kontaminasi yang merambah dunia. Tempat itu dikepalai Dr. Merrick. Satu-satunya jalan bagi mereka menghirup kembali udara luar adalah menunggu giliran menjadi pemenang undian, yang akan dikirim ke sebuah pulau yang bebas kontaminasi. Orang yang berada di sana memiliki nama dengan kode khusus, misalnya Lincoln Six Echo (Ewan McGregor) dan Jordan Two Delta (Scarlett Johansson) yang berteman baik.


Cerita mulai menjadi sangat menarik saat twist film dijelaskan pada pertengahan film, ternyata orang-orang yang memenangkan undian sama sekali tidak dikirim ke pulau, tetapi dibunuh, ada yang diambil hatinya, ada yang diambil bayinya. Lincoln yang mengetahui hal ini pun kabur dengan membawa Jordan yang baru saja memenangkan undian. Mereka menemui teknisi James McCord yang menceritakan skenario sebenarnya, yaitu orang-orang yang berada di komunitas tersebut adalah hasil cloning yang dilakukan Dr. Merrick, orang yang dicloning adalah orang-orang kaya termasuk presiden Amerika.

Tujuan cloning adalah agar saat orang yang sebenarnya mengalami sakit, organ tubuh sang cloning akan diambil untuk menggantikannya sehingga orang tersebut akan  hidup lebih lama, konsekuensinya, sang cloning akan mati, menjadi bentuk polis asuransi masa depan. Cloning ditanam memori tertentu agar mengira mereka terisolasi dari dunia karena kontaminasi yang sebenarnya tidak ada.

Film mulai berjalan dengan seru karena Lincoln dan Jordan harus melarikan diri dari kejaran orang-orang Dr. Merrick yang mencari mereka, disisipi dengan komedi-komedi segar melihat kepolosan Lincoln dan Jordan yang tidak pernah melihat dunia luar, dan kabar baiknya visual efeknya cukup baik (bahkan sangat baik tahun 2005), kekurangannya banyak adegan yang dibuat dengan efek kamera yang shaky, terkadang malah mengganggu pandangan dan kenikmatan menonton.








No comments:

Post a Comment